Apa yang ada sekarang tidak dapat diketahui kemarin hari. Tetapi hari kemarin begitu lekat dalam ingatan. Bahkan belasan tahun silam tiba-tiba menjadi seperti ingin diulangi lagi. Andai bisa mengulang waktu, mungkin sejarah akan berbeda.

Aku pun
Tak akan cukup bercerita
Tentang getar rasa di sudut waktu
Karena terlalu banyak buih rindu ini
Kamu pun
Berada di ujung jalan
Dengan senyum dan binar mata
Membawaku jauh ke masa lalu

img_20170223_212216_248

Seperti jeruk kesukaan ini, andai masih dalam pohon, mungkin bijinya bisa matang dan akan menuntaskan siklusnya sebagai penerus agar bijinya dapat sempurna dan tumbuh.

SUDAH TAKDIR, TAK MUNGKIN BISA TERULANG

Tapi siapalah yang dapat menolak takdir, siklus jeruk ingin bijinya tumbuh lagi, tetapi pergi jauh dari tempatnya bahkan tak sempatpun untuk matang sempurna.

Begitulah kita, nggak bisa tau hati ini akan berlabuh ke siapa dan kita hidup bersama siapa. Mungkin takdir Allah yang belum kita ketahui di balik yang terjadi. Satu-satunya yang bisa menenangkan jiwa adalah inilah yang terbaik saat ini.

ANDAI BISA MENGULANG WAKTU

Sesuatu yang pasti indah bisa dirasakan walau sekarang hanya bayang dan angan-angan. Dan angan-angan itu menjadi obat yang paling indah untuk menahan penyesalan bahwa masa lalu yang indah nggak bisa diulang atau diubah.

Advertisements